SELESAI PELATIHAN, FKM UTU BENTUK KOMITE ETIK PENELITIAN
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • 18. 08. 2020
  • 0
  • 846
  • TENTANG KAMI

Meulaboh – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM UTU) laksanakan “Pelatihan Interaktif Kode Etik Dasar Lanjut (EDL) dan Good Clinical Research Practice (GCRP) dalam Penelitian dengan melibatkan Manusia sebagai Subyek” selama 4 hari mulai dari tanggal 11-14 Agustus 2020 yang dilaksankan secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan ini diikuti oleh Dekan FKM Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si, Wakil Dekan I Safrizal, SKM, M.Kes, Wakil Dekan II Susy Sriwahyuni, SKM, M.Si, Kaprodi Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fitrah Reynaldi, SKM, M.Kes, Kaprodi Gizi Khairunnas, DCN, M.Kes dan seluruh Dosen FKM UTU lainnya, selain itu turut berpartisipasi 2 orang dari tenaga kependidikan yakni Kepala bagian Tata Usaha FKM Muhammad Idris, S.Pd., M.Pd. dan Kasubbag Umum dan Keuangan FKM Cut Dina Handayani, SE, dan 2 orang alumni FKM UTU.

Narasumber pada kegiatan ini sebanyak 2 (dua) orang, diantaranya dr. Triono Soendoro,  M.Sc., M.Phil., Ph.D (Ketua Komisi Etik Penelitian dan Pelayanan Indonesia/ KEPPIN) dan Dr. Ir. Soenamatalina Melaniani, M.Kes (Sekretaris Komite Etik Penelitia FKM Universitas Airlangga).

Walaupun pelatihan dilakukan secara daring, sebagian besar peserta mengikuti kegiatan di ruang laboratorium komputer Universitas Teuku Umar dengan tetap memperhatikan protkol kesehatan, dan sebagian lainnya melaksanakan di rumah masing-masing.

Ketua Panitia, Susy Sriwahyuni menjelaskan “Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kebutuhan dari Dosen terutama ketika yang akan memuat karya tulisnya dalam bentuk jurnal pada jurnal-jurnal internasional atau jurnal terakreditasi Sinta terutama pada sinta 1,2 atau 3, dimana pihak jurnal meminta ethical clearance dari penelitian tersebut, sehingga dengan dasar tersebut perlu dibentuk suatu komite etik dengan diawali pelatihan kode etik, sehingga kedepan penelitian-penelitian yang akan dilaksanakan sudah memiliki ethical clearance” ungkapnya.

Setelah 4 hari pelaksanaan pelatihan, selain didapatkan ilmu dan wawasan baru terkait Kode dan Komite Etik, FKM UTU sudah berhasil membentuk suatu Komite Etik Penelitian FKM UTU dengan susunan Dian Fera, SKM, M.Si selaku ketua, Enda Silvia Putri, SKM, M.Kes selaku Sekretaris I dan Fitrah Reynaldi, SKM, M.Kes Sekretaris II serta beberapa anggota lainnya.

Dekan FKM UTU, Prof Darmawi menyampaikan dalam penutupan kegiatan “Alhamdulillah kegiatan pelatihan sudah selesai dilaksanakan, semoga ilmu yang sudah diberikan oleh narasumber dapat berguna bagi kita semua, terutama etika dalam melibatkan manusia sebagai subyek penelitian, dimana kita memegang teguh 3 prinsip Etik dalam melaksanakan penelitian diantaranya prinsip Baik, Hormat dan Adil”ungkapnya.

Selain itu Prof. Darmawi menambahkan “selamat atas terbentuknya komite etik FKM UTU, dimana komite etik ini satu-satunya komite etik yang ada di FKM se-Aceh, dan selamat kepada Dian Fera, SKM, M.Si dan jajaran, semoga dapat menjalankan tugas dengan amanah” ungkapnya.

Dian Fera, SKM, M.Si ketua Komite Etik Penelitian FKM UTU menyampaikan “dengan terlaksananya pelatihan ini, semoga komite etik yang terbentuk bisa berjalan sesuai dengan standard dan profesional, dan mudah-mudahan tim Komite Etik Penelitian FKM UTU bisa bekerja secara maksimal” tutupnya.

Lainnya :