Rektor Buka Kemah Kreatif Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Proposal PKM 2020
  • UTU News
  • 24. 11. 2020
  • 0
  • 466

MEULABOH - UTU | Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA membuka secara resmi kegiatan Kemah Kreatif Tahun 2020 di Hotel Renggali, Takengon, Selasa (23/11/20). Kegiatan ini akan berlangsung 24 - 27 November 2020.

Kemah Kreatif yang mengangkat tema "Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Proposal Program Kreativias Mahasiswa (PKM) Bagi Dosen Pembimbing Tahun 2020" ini  diikuti 48 peserta dari kalangan dosen pembimbing dan reviewer.

Dalam sambutannya Rektor mengatakan Kemah kreatif bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada dosen  Universitas Teuku Umar untuk berfikir kreatif terkait ide dan gagasan untuk mewujudkan visi universitas sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi.

"Kegiatan kemah kreatif juga bisa disebut out of boundaries atau "keluar dari kebiasaan" dimana peserta diajak untuk berfikir luar biasa dan membuat inovasi-inovasi baru." Jelas Prof Jasman

Tanpa kreatifitas, ilmu pengetahuan tidak akan berkembang, perkembangannya akan mentok. Tanpa kreatif akan mustahil melahirkan inovatif, karena dengan kreativitaslah inovasi-inovasi baru itu dihasilkan. Terangnya.

Seseorang yang kreatif itu dapat diketahui dari kemampuan seseorang dalam melihat persoalan yang ada (melalui pertanyaan-pertanyaan) dan berusaha untuk menghasilkan alternatif penyelesaian (solusi) melalui inovasi-inovasi yang ditawarkannya.

Kunci daripada kreativitas itu ada di pertanyaan. Bagaimana kita untuk terus memunculkan pertanyaan-pertanyaan seputar apa saja yang kita kerjakan dan kembangkan. Apa yang kurang? Bagaimana meningkatkannya? Dan lain-lain pertanyaan yang dapat mendorong kita untuk terus berusaha berkembang.

Lanjutnya, selama berlangsungnya kegiatan kemah kreatif ini, para dosen diharapkan mampu menggali potensi daya pikir kreatif yang akan menghasilkan inovasi-inovasi yang nantinya dapat disalurkan kepada mahasiswa, sehingga target kuantitas dan kualitas proposal PKM dapat tercapai.

"Dalam menghasilkan sumber daya manusia unggul, seorang dosen harus menguasai empat aspek, yaitu berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Maka untuk itulah program ini dilaksanakan." Tutup Prof. Jasman

Hadir dalam acara pembukaan ini, Wakil Rektor I Dr. Alfizar, DAA, Wakil Rektor II Dr. Ishak Hasan, M.Si, Wakil Rektor III, Dr. Mursyidin, MA. Dekan Fakultas Teknik, Dr. M. Isya, MT, Dekan Fakultas Ekonomi Dr. T. Zulham, SE., M.Si, Kabiro Umum dan Keuangan, Mawardi Amin, SE.Ak, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Husni Mubarak, SH dan Kasubbag Kemahasiswaan Hasrah Junaidi, SKM., M.Kes. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :