Prodi Ilmu Kelautan FPIK UTU Gelar Pelatihan Menulis Abstrak berbahasa Inggris Gratis
  • UTU News
  • 23. 12. 2019
  • 0
  • 1767

MEULABOH, UTU - Abstrak dalam versi Bahasa Inggris harus ditulis dengan memenuhi kaidah penulisan Bahasa Inggris yang baik untuk abstrak pada tulisan ilmiah. Kalimat-kalimat pada abstrak harus ditulis dengan tipe kalimat (tenses) yang sesuai.

Untuk membiasakan mahasiswa dalam menulis Karya Ilmiah yang Berkualitas dimulai dari Abstract yang benar, maka Prodi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Teuku Umar (UTU) mengadakan Marine Science Seminar Series dengan Tema " How to Write An Abstract Gramatically".

Pelatihan yang diikuti puluhan mahasiswa prodi IK FPIK tersebut dilaksanakan diruang seminar prodi pada Sabtu, 21 Desember 2019 dengan menghadirkan pelatih berkompeten dari pusat Bahasa Inggris Universitas Teuku Umar, yaitu Endah Anisa Rahma, S.Pd. M.Pd.

Mohamad Gazali, S.Pi., M.Si, Ketua Jurusan Ilmu Kelautan FPIK-UTU mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan Latihan Penulisan Abstract sesuai Grammar adalah untuk memfasilitasi mahasiswa yang tengah mempersiapkan abstrak untuk skripsi mereka dikarenakan UTU memang mewajibkan abstrak berbahasa Inggris bagi seluruh mahasiswanya dalam rangka mempersiapkan tulisan berbasis internasional.

Lebih lanjut, disampaikan UTU sebagai Source of Inspiration seyogyanya setiap mahasiswa harus mempersiapkan diri di Era Revolusi 4.0 melalui karya tulis yang menggunakan Bahasa Internasional yakni Bahasa Inggris. Oleh karena itu, Kita mulai sejak dini mempersiapkan skill mahasiswa dengan melatih menulis Abstract berbahasa Asing.

"Kedepan, Mahasiswa akan berhadapan dengan tugas akhir yaitu menulis skripsi tentunya harus memiliki abstract Bahasa inggris yang sesuai grammar agar dapat dibaca secara luas oleh masyarakat ilmiah dimana jika kualitas data cukup mumpuni akan bisa dipublikasikan pada jurnal terakreditasi sehingga dapat diakses oleh peneliti di seluruh belahan dunia". Terang Ghazali.

Endah dalam paparan materinya menjelaskan bahwa dalam menulis Abstract harus memperhatikan sistematika penulisan abstract meliputi Introduction, method, result & discussion dan conclusion. Abstrak terbagi atas dua yaitu Unsctructured abstract dan Structured abstract dimana abstrak hanya terdiri dari 150 – 250 kata yang dilengkapi dengan kata kunci (keywords).

Antusiasme mahasiswa yang tinggi dalam mengikuti kegiatan ini membuat pendaftaran workshop ditutup lebih awal dikarenakan terbatasnya quota. Sehingga pihak prodi akan mengadakan kegiatan serupa secara series. Diharapkan dengan pelatihan ini, mahasiswa bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas berskala internasional. (Aduwina / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :