PENDAFTARAN KOMPETISI DEBAT MAHASISWA INDONESIA (KDMI) TINGKAT UNIVERSITAS TAHUN 2020
  • Kemahasiswaan
  • 13. 07. 2020
  • 0
  • 731

Kompetisi debat Mahasiswa Indonesia merupakan upaya yang utuh dalam membangun 6 C, yaitu collaboration (kerjasama), creativity (kreatifitas), critical thinking (berfikir kritis), communication (berkomunikasi), citizenship (kewarganegaraan), character (karakter). Dalam kompetisi debat secara berkesinambungan beberapa unsur dalam 6C dibangun dan dikuatkan.Terutama bobot tertinggi adalah membangun dan mengembangkan karakter dan kemampuan berpikir analitis dan kritis mahasiswa.

Kegiatan debat menuntut mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Indonesia, tetapi juga menuntut mahasiswa mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik. Di dalam debat, mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dihadapi suatu masyarakat atau bangsa. Mahasiswa harus mampu menentukan posisi dan meyakinkan publik bahwa posisi mereka benar dan tepat. Oleh karena itu, debat merupakan media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa. Kompetisi debat antar mahasiswa dalam rangka internalisasi semangat kompetisi positif yang membutuhkan kemampuan komunikasi dan argumentasi.

Untuk itu Bagi mahasiswa Universitas Teuku Umar yang berminat mengikuti kegiatan ini dapat mendaftarkan 1 Tim ( 3 debater).

DAFTARKAN TIM MU SEKARANG

Seleksi Debat akan dilakukan secara Online. Semua Informasi tentang pelaksanaan debat akan diberitahukan pada web ini. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 20 Juli 2020.

 

 

 

Unduh Lampiran

- Pedoman KDMI 2020

- Contoh Portofolio

 

Lainnya :