Peminatan KESLING FKM UTU Peringati Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia

Meulaboh – Mahasiswa Peminatan Kesehatan Lingkungan (Kesling) yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kesehatan Lingkungan (HMKL) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM UTU) mengadakan Kegiatan Seminar Kesehatan Lingkungan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia pada hari Kamis, 26 September 2019.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh himpunan mahasiswa kesehatan lingkungan FKM UTU. Acara yang mengangkat tema tentang “Lingkungan Sehat Wujud Nyata Aksi Adaptasi Perubahan Iklim” yang bertujuan untuk “Meningkatkan kesadaran mahasiswa akan perubahan iklim dan juga meningkatkan kesadaran mashasiswa akan bahayanya sampah plastik” ungkap ketua HMKL Risno Tinambun.

Acara tersebut menghadirkan tiga orang pemateri, diantaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Barat Mulyadi,S.Hut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah, SKM, M.Si Dan Dosen Kesehatan Lingkungan FKM UTU Hasrah Junaidi SKM, M.Kes.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Dekan FKM UTU Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. Dekan FKM UTU menyampaikan “apresiasi yang setinggi-tinggi kepada mahasiswa-mahasiswi peminatan kesehatan lingkungan yang sudah melakukan suatu tindakan aksi nyata untuk peduli terhadap lingkungan dan dilain hal acara yang dilakukan ini akan menjadi jembatan kerjasama lintas sektor antara FKM dengan Dinas terkait” ungkapnya

Mulyadi, S.Hut selaku pemateri menyampaikan bahwa “masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Peran masyarakat dapat juga berupa pengawasan sosial, pemberian saran, pengaduan dan/atau penyampaian informasi kepada pihak yang berwenang” ungkapnya.

Sebelumnya kegiatan seminar ini dihadiri oleh pimpinan FKM UTU yakni Wakil Dekan I Safrizal, SKM, M.Kes, Wakil Dekan II Susy Sriwahyuni S, SKM, M.Si, Dosen-dosen di lingkup FKM UTU, Mahasiswa, dan Alumni FKM UTU.

Lainnya :