Mahasiswa UTU Diperkenankan Magang di TaniHub dan Blibli.com
  • UTU News
  • 14. 06. 2021
  • 0
  • 458

MEULABOH, UTU – Sebagian dosen dan mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) bersama mahasiswa lainnya secara nasional mengikuti sosialisasi magang bersertifikat kampus merdeka, Minggu, 13 Juni 2021 secara virtual. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenal lebih dekat Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka di Blibli.com dan TaniHub.
Magang dan studi independen bersertifikat narasumbernya adalah Prof. Dr. Nizam (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi), Astri Purnamasari (Director of Corporate Affairs TaniHub), dan Sandra Kumalasari (Executive Vice President People Operation dan General Services Blibli.com. Hostnya adalah Nurhadi, Ketua Sub Pokja Magang dan Studi Independen Bersetifikat.
Dari sumber yang ada TaniHub adalah Group Perusahaan Agriculture Technology yang bergerak untuk mensejahterakan para petani kecil, yang hingga saat ini terus berusaha mewujudkan ekosistem pertanian yang lebih baik.
Prof. Nizam antara lain menyebutkan, perlu mensosialisasikan program magang ini bagi mitra industry perusahaan-perusahaan global dan perusahaan raksasa di tanah air dan tanggapan mereka luar biasa sekali. “Kita harapkan ekosistem ini terus terbangun dan berlanjut sehingga benar-benar nyambung antara dunia kampus dengan dunia kerja. Artinya adik-adik mahasiswa lebih awal dapat dilihat talentanya, sehingga program magang mahasiswa itu bermanfaat dan berguna.”
Magang dikalangan perusahaan itu sangat penting, agar mahasiswa itu dapat merasakan manfaatnya selama melakukan kegiatan yang sesuai dan cocok dengan kompetensi ilmunya. “Bagi perusahaan itu sendiri, magang Ini juga bisa memperpendek atau mengurangi resiko perusahaan untuk merekrut secara langsung talenta yang dimiliki oleh mahasiswa magang”, ujar Prof. Nizam.
Nurhadi menyebutkan, kampus merdeka itu magangnya harus berbasis project. Lalu pertanyaannya, apa yang akan dijadikan project magang di TaniHub. Pertanyaan itu, dijawab oleh Astri Purnamasari, di TaniHub banyak lahan yang disediakan yang bisa terjun langsung ke petani oleh peserta magang, dan kalau mahasiswa magang ada dari Teknologi Informasi (IT) mau ikutan project lainnya dengan sistem internal juga banyak. “Mahasiswa magang mau milih mana, mau di lapangan, mau dibidang marketing silakan, mau dibidang distribusi juga disediakan yang penting sesuai dengan minat dan bakatnya. (***)

Lainnya :