Mahasiswa FKM UTU Presentasikan Hasil PBL I
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • 12. 02. 2020
  • 0
  • 269
  • AKADEMIK

Meulaboh – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM UTU) yang melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) I mempresentasikan Hasil Praktik Belajar Lapangan kepada Camat Kaway XVI dan seluruh Keuchik yang dilakukan PBL I pada hari  Kamis tanggal 6 Februari 2020 di Aula Universitas Teuku Umar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FKM UTU Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si yang diwakili oleh Wakil Dekan II FKM UTU Susy Sriwahyuni S, SKM, M.Si, Camat Kaway XVI Fadlian Syahputra, SSTP, M. Si, 17 Keuchik yang dilakukan PBL I Desanya dan seluruh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  serta Mahasiswa/i yang melaksanakan PBL I.

Camat Kaway XVI Fadlian Syahputra, SSTP, M. Si, dalam sambutannya beliau menyampaikan “terimakasih atas undangannya di acara penutupan PBL I ini, dan juga apresiasi kami sebesar-besarnyanya kepada Fakultas Kesehatan Masyarakat, khususnya adik-adik mahasiswa/i yang telah melaksanakan PBL I di Kec. Kaway XVI. Dan memohon maaf apabila selama berlangsungnya kegiatan ini banyak kekurangan, dan kami berharap kedepannya Fakultas Kesehatan Masyarakat bisa kembali menghadirkan mahasiswa/i –nya untuk melaksanakan PBL ataupun praktek-praktek lainnya”ungkapnya.

Fadlian Syahputra, SSTP, M. Si  menambahkan “Terkait dengan pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan di Kec. Kaway XVI khususnya terkait dengan kesehatan masyarakat di kec. Kaway XVI, kami mendapatkan bahwa masih banyak sekali PR yang harus kami selesaikan, dan permasalahan itu bisa kita sama-sama selesaikan, antara pemerintah Kec. Kaway XVI dan civitas akademika FKM UTU, melalui kegiatan-kegiatan penelitian, praktek belajar lapangan, maupun pemberdayaan lainnya sehingga Kesehatan masyarakat Kecamatan Kaway XVI dapat dibangun dan dikembangkan  melalui penelitian dan pemberdayaan tersebut”ungkapnya.

Setelah sambutan dari Camat Kaway XVI, dilanjutkan dengan sambutan dan penutupan kegiatan oleh Wakil Dekan II FKM UTU dimana dalam sambutannya, beliau menyampaikan “Terimakasih banyak kepada Bapak Camat Kaway XVI Fadlian Syahputra, SSTP, M. Si yang telah menerima kami dan sudah berpartisipasi, sehingga kami bisa melaksanakan PBL I dengan sukses dan lancar” selain itu Susy Sriwahyuni berharap “setelah melaksanakan kegiatan PBL ini mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah yang ada di masyarakat. PBL 1 ini juga mampu mengasah sikap dan kemampuan mahasiswa dalam proses pengorganisasian khususnya di bidang kesehatan, sehingga mahasiswa dapat menghadapi permasalahan dalam bidang kesehatan dan dapat mencari alternatif pemecahannya dengan melakukan intervensi yang tepat di Kec. Kaway XVI, dimana hal itu akan dilakukan pada PBL II yang akan datang sebagai tindak lanjut intervensi terhadap permasalahan yang ada” ungkapnya.

Kegiatan PBL I ini sangat diapresiasi oleh Wakil Dekan II, dimana dalam sambutannya beliau menyampaikan “rasa bangga dan terimakasih kepada mahasiswa PBL 1 atas semangat dan kerja kerasnya selama ini dan telah melaksanakan PBL dengan baik dan lancar. Terimakasih juga kepada DPL yang sudah meluangkan waktunya memberikan waktu dan kesempatan kepada mahasiswa PBL serta ucapan terimakasih juga kepada seluruh Aparatur desa yang telah membimbing mahasiswa/I selama di Desa”ungkapnya. Dan Susy Sriwahyuni berpesan kepada mahasiswa agar "terus melakukan tindakan, bukan hanya sekedar berkata-kata saja, karena kata-kata memberitahukanmu apapun, tetapi tindakan dapat memberikanmu segalanya" ungkapnya.

Setelah kegiatan ini ditutup oleh Wakil Dekan II, kegiatan dilanjutkan dengan sesi presentasi yang dilakukan oleh mahasiswa/I FKM UTU dengan menampilkan hasil survey Indikator Keluarga Sehat (IKS) dan survey terkait permasalahan gizi.

Sebelumnya kegiatan PBL ini sudah dilaksanakan pada tanggal 6-24 Januari 2020 di 17 desa yang tersebar di Kec. Kaway XVI.

Lainnya :