Jurusan Ilmu Kelautan FPIK-UTU Gelar Kuliah Umum Dan Bahas Perjanjian Kerja Sama
  • UTU News
  • 06. 08. 2022
  • 0
  • 153

MEULABOH, UTU – Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Universitas Teuku Umar (FPIK-UTU), melaksanakan kuliah umum sekaligus membahas butir-butir Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kamis, 4 Agustus 2022.

Kuliah umum yang bertema, “Eksplorasi Potensi Kimia Bahan Alam Laut Indonesia untuk Peningkatan Sustainable Development Goals (SDGs)”, dengan mengundang narasumber luar biasa dari BRIN, Dr. Muhammad Nursid, M.Si.  Muhammad Nursid adalah Peneliti Senior Pusat Bioindustri Lautdan Perairan Darat Organidasi Riset Kebumian dan Maritim Badan Riset dan Inovasi Nasional RI.

Acara tersebut dibuka oleh Dekan FPIK-UTU, Prof. Dr. M. Ali Sarong, M.Si. Dalam sambutannya, Prof. Ali menyampaikan, pentingnya membangun kolaborasi dengan Lembaga Riset yang selaras dengan program Mendikbud yakni program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Perguruan Tinggi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menuntut ilmu atau mencari pengalaman pada instansi atau Lembaga yang sesuai dengan bidang keilmuannya.

Ketua Jurusan Ilmu Kelautan, Mohamad Gazali, S.Pi., M.Si yang menjadi moderator, memaparkan isi kuliah umum yang disampaikan oleh narasumber antara lain, Indonesia adalah Negara Maritim dengan wilayah lautnya sekitar 75% dibandingkan dengan daratan yang memiliki potensi pemanfaatan sumberdaya laut yang bernilai ekonomis penting. “Keunggulan sumberdaya laut dapat dijadikan bioindustri laut yang meliputi keragaman genetik, keragaman ekosistem-spesies, dan keragaman bahan aktif yang dapat dikembangkan dalam industri pangan, Industri Farmasi dan Industri Kosmetika”, ujar Muhammad Nursid, yang dikutip Mohamad Gazali.

Lebih lanjut, pihaknya melaksanakan pembahasan butir-butir Perjanjian Kerjasama (PKS)  antara Badan Pusat Bioindustri Laut dan Perairan Darat Organidasi Riset Kebumian-Maritim Badan Riset dan Inovasi Nasional RI yang diwakili oleh Dr. Muhammad Nursid, M.Si serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar (FPIK-UTU) oleh Dekan FPIK UTU, Prof. M. Ali Sarong beserta jajarannya. “Pembahasan Perjanjian Kerjasama tersebut dipandu oleh Ketua Jurusan Ilmu Kelautan FPIK-UTU, Mohamad Gazali, S.Pi., M.Si”.

Mohamad Gazali mengatakan,  kami membangun kolaborasi dan Kerjasama Riset dan Inovasi dengan Lembaga BRIN meliputi pendidikan yang berkaitan dengan kurikulum MBKM, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk memperkuat dan mempertajam core product Jurusan Ilmu Kelautan yakni Marine Biotechnology yang selaras dengan Visi dan Misi UTU dengan membentuk research group sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki dosen tersebut.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga membicarakan terkait dengan kerjasama pengelolaan Jurnal Laot Ilmu Kelautan FPIK UTU dimana untuk menjaga kualitas artikel maka perlu dibangun kerjasama baik bersama mitra bestari maupun dewan redaksi antara kedua belah pihak sehingga meningkatkan grade akreditasi dan indeksasi Jurnal Laot Ilmu Kelautan semakin lebih baik, cetus Mohamad Gazali S.Pi., M.Si yang juga sebagai editor in chief  Jurnal Laot Ilmu Kelautan.(***)

Lainnya :