FPIK-UTU, WCS-IP dan BKSDA Aceh Mengadakan Kick of Meeting Survey Kawasan TWA Kepulauan Banyak
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 24. 09. 2020
  • 0
  • 221

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar bersama Wildlife Conservation Society Indonesia Program (WCS-IP) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam mengadakan rapat koordinasi terkait kegiatan evaluasi Taman Wisata Alam (TWA) Kepulauan Banyak di Aula Gedung Terintegrasi Universitas Teuku Umar pada rabu (23/9). Kegiatan yang dihadiri oleh 40 peserta ini berasal dari beberapa instansi lain meliputi Pemerintah Kabupaten Aceh singkil, Universitas Syiah Kuala, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Singkil serta jajaran pimpinan Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan serta Rektor Universitas Teuku Umar. Kegiatan dibuka secara simbolis oleh rektor Universitas Teuku Umar Bapak Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa senang dan optimis atas kerjasama yang telah terbentuk antara FPIK-UTU, WCS-IP dan BKSDA Aceh. Beliau juga menceritakan tentang pengalamannya saat menjadi konsultan di Kabupaten Aceh Singkil. Dalam kesempatan yang sama juga beliau menyampaikan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan laut karena potensi wilayah perairan Barsela yang sangat besar.

Dekan FPIK UTU Bapak Prof. Dr. M. Ali S, M.Si juga turut menyampaikan kata sambutan pada kegiatan rapat koordinasi ini. Dalam penyampaiannya beliau mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh WCS-IP kepada FPIK UTU sebagai intansi yang melakukan evaluasi kawasan TWA kepulauan Banyak. Dalam sambutan tersebut beliau menceritakan tentang jumlah program studi dan sumberdaya peneliti yang dimiliki oleh FPIK UTU, tak lupa pula juga turus disampaikan beberapa kegiatan yang pernah dilakukan oleh FPIK baik secara mandiri maupun hasil kolaboratif. Beliau berharap agar kerjasama ini tidak hanya berlangsung pada satu kegiatan survey saja, namun juga dalam jangka panjang sehingga akan banyak ide-ide kreatif yang dapat direalisasikan dalam kegiatan-kegiatan kolaborasi selanjutnya.

Kegiatan dilanjutkan pada rapat koordinasi bersama beberapa lembaga akademik, pemerintah dan non-pemerintah lainnya yang telah hadir. Rapat koordinasi dilakukan bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran terhadap rencana kegiatan yang akan dilakukan. Dalam sesi diskusi rapat turut disampaikan pemaparan materi pengantar oleh Kepala Seksi (Kasi) BKSDA Wilayah II, bapak Hadi Sofyan dan Tim Monitoring FPIK UTU yang diwakili oleh Samsul Bahri, M.Si. Sesi diskusi berjalan dengan lancar dan interaktif hingga memunculkan beberapa ide-ide dan masukan dari para peserta guna penyempurnaan desain dan rencana kegiatan. Rapat koordinasi berlangsung hingga pukul 12.30 yang kemudian ditutup secara resmi oleh Dekan FPIK UTU. Dengan adanya kerjasama antara FPIK UTU, WCS-IP dan BKSDA Aceh diharapkan dapat memberikan hasil evaluasi kawasan yang baru serta rekomendasi kawasan sehingga data hasil monitoring yang diperoleh tim nantinya dapat digunakan oleh user dalam hal ini pemangku kepentingan dalam proses pengambilan kebijakan yang lebih baik demi kemakmuran masyarakat pesisir khususnya pada wilayah Taman Wisata Alam Kepulauan Banyak.

Lainnya :