Dosen FPIK UTU Gelar Pengabdian Sargassum Pengawet Mie Aceh Kepada Masyarakat
  • UTU News
  • 22. 09. 2020
  • 0
  • 242

MEULABOH, UTU | Jumat, 18 September 2020, dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan FPIK Universitas Teuku Umar (FPIK-UTU), Mohamad Gazali, M. Si memperkenalkan alga cokelat sargassum sp yang berpotensi sebagai pengawet alami kepada masyarakat Aceh Barat. Pengabdian tersebut bertema ”PKMS Aplikasi Iptek Potensi Laut Alga Cokelat (Sargassum sp) Sebagai Pengawet Alami Mie Aceh Di Aceh Barat”

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Mohammad Gazali merupakan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) yang didanai oleh DRPM Kemristek-DIKTI tahun 2020. Mohamad Gazali, M.Si selaku ketua peneliti menyatakan bahwa potensi sumberdaya laut di Aceh Barat sangat potensial dikembangkan teknologi makroalga laut.

“Penelitian tersebut berlanjut hingga tahun 2022. Untuk menjamin sumberdaya laut secara sustainable, kami berupaya mencoba menerapkan macroalgae aquaculture pada spesies makroalga tertentu yang sesuai dengan kondisi perairan”, ujar Mohammad Gazali.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut mendapatkan sambutan dari Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. M. Ali, S., M.Si. Dalam sambutannya, Prof. Ali mengatakan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yang harus dijalankan oleh setiap dosen.

“Kegiatan PKM yang dilakukan oleh Mohamad Gazali patut diapresiasi dengan memanfaatkan potensi sumberdaya kelautan yang ada di Wilayah Pesisir Aceh Barat untuk memenuhi kebutuhan pangan dan kesehatan masyarakat”, ujar Prof. Ali

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mendapatkan sambutan positif dari masyarakat yang sudah mencicipi mie alga laut. Mohamad Gazali, yang juga sebagai Ketua Jurusan Ilmu Kelautan mengatakan, langkah awal untuk eksplorasi lebih lanjut terkait potensi keanekaragaman hayati dan ke depan akan dikembangkan teknologi kultur alga laut. (***)

Komentar :

Lainnya :