Dosen FISIP UTU Latih Penghulu Menulis Karya Ilmiah
  • UPT_TIK
  • 26. 11. 2020
  • 0
  • 354

MEULABOH, UTU – Dua Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (FISIP-UTU), dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Drs. Muzakkir, MA dan Said Fadhlain, S.I.P., MA,  melatih dan melakukan pembinaan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Penghulu (Kepala Kantor Urusan Agama) se-Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan yang semula dipusatkan di Aula Kemenang Kabupaten Aceh Barat, namun karena ada sesuatu dan lain hal maka dilaksanakan di Sekolah Bunda Al-Azhar. Kegiatan pembinaan KTI yang berlangsung sehari penuh, Selasa, 24 November 2020, dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar.

Khairul Azhar  dalam sambutannya antara lain mengharapkan kepada para penghulu selaku peserta pembinaan KTI dapat  mengikuti kegiatan pembinaan ini dengan serius hingga selesai, agar nantinya para penghulu mampu merealisasikan tulisan karya tulis ilmiah dengan sempurna, yang pada akhirnya dapat bermanfaat masyarakat dalam usaha melakukan perubahan perilaku masyarakat ke arah lebih baik.  

Panita pelaksana, Ustaz Nurul Hadi, SS.,MA (dari Kemenag Aceh Barat) menjelaskan,  kegiatan pembinaan penulisan karya tulis ilmiah bagi penghulu di Aceh Barat itu, diberi tema, “Malalui Pembinaan Karya Tulis Ilmiah Bagi Penghulu Kita Tingkatkan Kompetensi Penghulu Dalam Menulis.”. Diharapkan melalui kegiatan ini, para  penghulu nantinya dapat melahirkan karya tulis sesuai dengan kompetensi dan bidang keilmuannya.

Menurut pengamatan, kegiatan pembinaan karya tulis ilmiah itu, berlangsung penuh antusias, para peserta terlihat serius dan bersemangat mengikuti pelatihan dan pembinaan karya tulis ilmiah ini. Usai mengikuti materi, dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi peserta dengan pemateri.  Selain dua dosen FISIP UTU, materi pembinaan juga diberikan oleh Rizwan, MA (wartawan Harian Serambi Indonesia).

Ustaz Nurul Hadi menguraikan, pelatihan dan pembinaan penulisan karya tulis ilmiah itu disampaikan dalam tiga sesi. Materi yang disampaikan oleh Muzakkir mencakup pengertian, tujuan, manfaat, ciri-ciri, syarat karya tulis ilmiah, latar belakang penulisan, rumusan masalah,  serta sistematika penulisan. Materi yang disampaikan oleh Said Fadhlain berkisar tentang bahasa, jenis-jenis karya ilmiah, pemilihan topik masalah penelitian, dan pengorganisasian nahkash. Sedangkan materi yang disampaikan oleh Rizwan mengenai penulisan naskah, editing naskah, publikasi karya ilmiah, dan transliterasi. (***)

Lainnya :