Dekan Fakultas Pertanian UTU Lepas 80 Mahasiswa Laksanakan PKL
  • UTU News
  • 24. 12. 2019
  • 0
  • 953

MEULABOH, UTU - Dekan Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar (FP UTU) Ir. Yuliatul Muslimah, MP melepas 80 mahasiswa Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian untuk mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL). Acara pelepasan berlangsung di pintu gerbang kampus UTU, Jl. Alue Peunyareng, Meulaboh, Senin (23/12).

Dalam kesempatan pelepasan tersebut Dekan FP UTU berpesan agar mahasiswa peserta PKL selalu bisa menjaga nama baik almamater dan bisa memperluas wawasan dalam menumbuhkembangkan pengetahuan baik bagi pribadinya maupun masyarakat luas secara profesional.

“Apapun yang kita lakukan yang pertama akan menerima dampak itu adalah lembaga atau institusi UTU, untuk itu saya mewanti-wanti agar seluruh peserta benar-benar bisa menjaga sikap dan kinerja yang baik, prilaku yang memberikan teladan di lingkungan tempat PKL, mudah-mudahan PKL ini menambah wawasan serta memberikan pengalaman berharga untuk bekal nanti saat terjun di lingkungan masyarakat atau dunia kerja yang sesungguhnya” ungkapnya.

Sejalan dengan Dekan, Ketua Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Wira Hadianto, SP., M.Si mengungkapkan Mahasiswa perlu memiliki keterampilan melalui pengalaman kerja yang dapat diperoleh melalui Praktik Lapang (PKL). Oleh karena itu prodi Agroteknologi mewajibkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah PKL sebagai perwujudan proses menghasilkan sumberdaya yang berkualitas selain itu dengan PKL mahasiswa bisa meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan kalangan masyarakat dunia usaha/instansi serta memacu motivasi kewirausahaan mahasiswa.

Lanjutnya, para mahasiswa PKL tersebut akan disebar ke berbagai instansi dan perusahaan baik di Aceh maupun ke Sumatera Utara seperti BPTP Aceh, Balai Benih Hortikultura (BBH) Sare, Balai Benih Unggul (BBU) Abdya, PT. KTS, PT. ASN, Perusahaan Kopi Baburrayyan Takengon, BPTP Sumut, BBIH Gedung Johor Medan, PPKS Medan, dan PPKS Marihat.

Wira juga mengungkapkan, tujuan dari Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini antara lain adalah untuk :

(1). Memperluas dan menambah wawasan, menumbuh kembangkan pengetahuan dan menetapkan keterampilan serta profesionalisme, sehingga terbentuk suatu pola pikir yang komprehensif demi menunjang kemampuan mahasiswa untuk bekal memasuki dunia kerja khususnya dibidang agroteknologi.

(2). Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung menjalani pengalaman awal dan bersosialisasi dalam suasana lingkungan kerja yang sesungguhnya (nyata), baik perannya sebagai pekerja (employee) mampu sebagai manager dalam penyelenggaraan suatu bisnis perkebunan.

(3). Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi Strata 1 (S1) di Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar (UTU).

(4). Mahasiswa dapat membandingkan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah dengan keadaan sebenarnya di lapangan. dan

(5). Mempelajari berbagai aspek budidaya yang ada ditempat pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL). (Aduwina / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :