Sejarah

image

Terbentuknya Fakultas Kesehatan Masyarakat yang dilaksanakan melalui Lembaga Pendidikan Teuku Umar. Dimana sejak T.A. 2002/2003 telah melalui proses pendidikan berdasarkan dari prinsip pendirian dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor:1318/D2/2002 tanggal 25 Juli 2002, serta penerimaan mahasiswa berdasarkan surat keterangan Bupati Aceh Barat Nomor: 122 Tahun 2002 Tanggal 10 September 2002.

Fakultas Kesehatan Masyarakat pada tahun 2006 bergabung dengan beberapa Fakultas lainnya pada Universitas Teuku Umar dibawah Yayasan Tgk. Dirundeng, maka melalui SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 262/D/O/2006 tanggal 19 November 2006 Universitas Teuku Umar Meulaboh menyelenggarakan Pendidikan Tinggi dengan 6 (enam) Fakultas, yaitu: Fakultas Pertanian, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Tekhnik, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Ekonomi, yang terdiri dari 13 Program studi yang mulai dilaksanakan kuliah perdananya di Mess Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh serta di gedung SMP Negeri I Meulaboh dan baru pada semester Ganjil 2007/2008 untuk kegiatan perkuliahan telah dipusatkan di Alue Peuyareng Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Selanjutnya mendapatkan SK perpanjangan Izin:2125/D/T/K-I/2009, dan juga telah mendapat akreditasi dari BAN-PT.
Pada saat ini Universitas Teuku Umar telah menjadi sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan beberapa Fakultas dan Program Studi salah satunya Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, dalam pengembangannya Fakultas Kesehatan Masyarakat telah memiliki 5 (lima) Minat Studi yaitu : 1.Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), 2.Epidemiologi, 3.Pendidikan dan Ilmu Prilaku (PKIP), 4.Kesehatan Lingkungan, dan 5.Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Pada saat ini FKM-UTU juga telah merujuk pada kurikulum Nasional dengan keikutsertaan dalam Asosiasi Ikatan Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI).
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar pada saat ini memiliki mahasiswa sebanyak 1.054 orang dari berbagai daerah di Aceh dan luar Aceh yang lulus seleksi melalui SNMPTN dan UMB serta memiliki Dosen Tetap S2 berjumlah 15 orang serta Dosen Tidak Tetap dari S2 berjumlah 23 orang.